Thoughts, stories and ideas.

Titik Nol Kilometer, Asyik untuk Foto dan Santai

17th September 2017

Yang dimaksud titik nol kilometer di sini adalah titik awal pembangunan ruas jalan Anyer Panarukan atau lebih dikenal dengan jalan raya pos. Ruas jalan sepanjang 1.000 kilometer itu membentang dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa.

alt

Ruas jalan ini dibangun pada masa pemerintahan gubernur Hindia Belanda Herman Willem Daendels selama setahun dan memakan banyak korban jiwa. Sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam bukunya “Jalan Raya Pos, Jalan Daendels” mengatakan bahwa sejak digunakan pada 1809, (jalan raya pos) telah menjadi infrastruktur penting dan untuk selamanya.

Seperti apa rupa titik nol kilometer sekarang?

Titik Nol ini terletak di sebelah kanan jalan setelah melewati pelabuhan Anyer. Yang menjadi penanda adalah bangunan mercusuar yang tinggi menjulang di antara pohon-pohon kelapa. Mercusuar ini berada dalam satu kawasan dengan titik nol kilometer Anyer Panarukan. Kawasan ini dikelola Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan dikembangkan menjadi tempat wisata.

alt

Mercusuar yang dibangun pada masa pemerintahan Belanda ini terdiri dari 18 tingkat. Jadi, kalau ingin naik sampai ke puncak, siapkan stamina ya!

Tidak jauh dari mercusuar terdapat tapal penanda titik nol kilometer. Tidak diketahui pasti siapa dan kapan pembuatannya. Di laman Historia, Sejarawan Indonesia mengungkapkan keheranannya dan mempertanyakan titik nol kilometer yang ada di Anyer Banten sebagai titik awal pembangunan ruas jalan Anyer Panarukan. Terlepas dari hal itu, titik nol kilometer ini bagus buat dijadikan latar foto.

alt

Beberapa langkah dari tapal nol kilometer ini terdapat jetty, pelabuhan yang menjorok ke laut. Terdapat larangan bagi pengunjung untuk berjalan ke arah ujung jetty. Sebuah pagar besi menegaskan hal itu. Tapi, kalau foto-foto masih dibolehkan. Pagi itu, tampak beberapa orang memanfaatkan jetty sebagai latar swafoto.

alt

Masih ingin menikmati suasana pantai lebih lama? Di kawasan itu terdapat penginapan yang bisa disewa dan dikelola oleh koperasi direktorat jenderal perhubungan laut.

Pantai Anyer menjadi pilihan menikmati suasana pantai bagi warga Jakarta Tangerang karena letaknya yang mudah dicapai. Bila tidak ingin menginap, bisa duduk-duduk santai di area pantai yang berada di sebelahnya. Sejenak menepi dari hiruk pikuk rutinitas. Mengumpulkan semangat untuk kembali menatap dunia.

Artikel ini telah dimuat di https://c.uctalks.ucweb.com/story/3259431383871394

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments