Thoughts, stories and ideas.

Tempat Makanan Halal di Singapura

16th January 2019

"Sorry, we are not halal."

Itu kata-kata yang diucapkan pramusaji salah satu gerai makanan di Singapura saat saya dan pak suami celingukan mencari tanda halal yang dikeluarkan The Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS).
Pasti karena dia melihat saya memakai jilbab :)

alt

Kali lain, saya dan pak suami dengan yakin menuju gerai makanan yang saya yakin halal. Kami lihat menunya hanya roti panggang dengan selai kaya, kopi, teh, mie kari. Pasti halal, nih. Baru mau melangkah masuk, encik yang bertugas di meja kasir berseru, “Sorry, we are not halal”. Waduh...

Enaknya di Singapura, pramusaji akan langsung menjelaskan halal tidaknya hidangan yang mereka jual saat melihat calon pembelinya berkerudung.

Pernah kami (kami pergi sekeluarga + nenek) kepanasan dan kehausan di Garden By The Bay. Akhirnya kami masuk ke gerai Bakerzin, niatnya memang cuma mau pesen minuman dingin. Pramusaji kemudian menghampiri meja kami dan berkata:

"We are not halal. We served pork but you can order drink."

Ya sudah, kami pesan es teh dan es kopi :)

Sebelum ke Singapura, saya sudah browsing tempat makanan halal. Masalahnya, kadang lokasinya tidak 'match' dengan acara jalan-jalan kami dan kadang tidak sesuai dengan ‘selera’ kami. Sebenarnya yang agak rewel itu pak suami. Kalau saya, anak-anak dan sang nenek sih pemakan segala dan gak mesti makan nasi :D

Nah, berikut ini gerai makanan halal yang sesuai dengan selera pak suami :D

Sarapan:

  1. Subways. Menu: flat bread with egg & cheese (roti tipis persegi dengan isi keju dan telur) harga Sin$ 3. Cukup pas buat perut saya. Tersedia juga hotdog dengan beberapa pilihan isi tapi rasanya kok saya tak sanggup menghabiskannya :p
  2. Chef Ibu. Menu: Nasi goreng, nasi putih, nasi lemak dengan pilihan beragam lauk. Tinggal tunjuk saja. Harga seporsi nasi goreng + telur + ayam +/- antara Sin$ 3-4
  3. Jalan Sultan Padang. Menunya hampir sama dengan Chef Ibu. Seporsi nasi lemak + ayam + bihun +/- Sin$ 4
  4. Burger King. Menunya sama dengan di sini dan yang penting halal hehe
  5. Mc Donald dan KFC juga halal tapi males kan udah sampai sono makannya Mc Donald or KFC. Itu sih, di sini juga banyak :)

Oiya, semua tempat makanan di atas terletak di sebelah dan diseberang V Lvender hotel tempat kami menginap. Jadi, cukup keluar pintu lobby hotel, gerai makanan buat sarapan sudah di depan mata. Tinggal pilih saja.

Makan Siang & Makan Malam

Tempat makan ini menyesuaikan rute jalan-jalan kami.

  1. Hampir semua tempat makan di Universal Studio memasang logo halal.
  2. Encik Tan. Saya makan di Vivo City dan Capita Mall di seberang Bugis Junction. Menu makanan: Fish ball noodle (mie kuah dengan bakso ikan 5 bh) Sin$ 3. Fish ball noodle signature (mie kuah, bakso ikan 5 bh, fish cake) Sin 4.6
  3. Old Town White Coffee, Square City Mall, dekat Mustafa Center. Menunya sama dengan di Indonesia tapi harganya lebih mahal.
  4. Padang-Padang. Lokasi: food court ION Mall Orchard. Menu: warteg :)

alt

'5. Bugis food street, semacam pasar kaki lima. Jualannya, jus, roti panggang, martabak, klepon, banyak juga yang jual oleh-oleh. Harganya murah. Saya beli martabaknya, tapi lebih enak martabak Orins di BSD :D
6. Food Court Changi Terminal 3, saya lupa nama foodstall-nya. Letaknya dekat Encik Tan. Menunya nasi lemak. Di kacanya terpampang logo halal MUIS yang membuat mata berbinar-binar :)

Dengan kurs Rp. 10.750/Sin$ harga makanannya memang jadi mahal. Cuma di Singapura, saya merasakan beli air kelapa + beberapa iris daging kelapa muda seharga Sin$ 4.6 atau kira-kira Rp. 50.000. Dih, di sini saya bisa dapat 4 butir kelapa muda!

Seperti kata pak suami, Indonesia itu Surga!

Ibu 2 anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Suka jalan-jalan, ngopi dan ngeteh. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments