Thoughts, stories and ideas.

Pictorial Book - Behind The Story

3rd September 2018

Selalu ada kali pertama
Bagi setiap hal
Namun setelahnya
Belum tentu ada kali kedua

Ini pertama kalinya saya menulis naskah pictorial book atau buku berilustrasi bagi pembaca pemula.

Sebelumnya saya belajar membuat pict book dari Uni Dian Onasis untuk persiapan audisi menulis buku anak yang ngehits seantero jagad penulisan. Sayangnya gak lolos. Kesian deh saya, hahahaha...

Tidak disangka, Mba Editor menghubungi dan menanyakan apakah saya punya naskah pict book. Ada sih, tapi cuma satu hahaha... Mba Editor meminta 3 naskah. Berbekal pengalaman bikin komik + tutorial Uni Dian, saya menyiapkan 3 naskah pict book.

Bagi saya yang mengawali karir menulis ((karir :D)) dari menulis cerita pendek dan novel, bikin pict book ini sungguh tidak mudah. Bayangkan, satu halaman ada yang hanya berisi 1 kalimat! Apa yang harus saya tulis coba?

alt

Kata kk Etha, Mama bayangin gambarnya dulu baru bikin kalimatnya. Isshhh sejak kapan tuh anak jadi mentor menulis? Hahaha.... Eh, tapi ternyata cara ini manjur bagi saya :)

Setelah naskah selesai, saya diminta mengkonsultasikan naskah pict book ini dengan psikolog. Untung saya punya temen psikolog yang berkecimpung di dunia pengajaran anak-anak. Rejeki penulis sholeha *eh 🤭

alt

Butuh waktu setahun sampai akhirnya buku ini terbit. Horeee! Eh, Alhamdulillah....

Semoga buku ini - dengan segala keterbatasan dan kekurangan saya sebagai penulis naskah - bisa memberi manfaat bagi pembacanya. Jangan lupa beli bukunya yaaa... !

alt

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments