Thoughts, stories and ideas.

Naik Pesawat Terbang, Pilih Duduk di Baris Depan atau Belakang?

9th October 2019

Awal-awal saya bepergian naik pesawat terbang, saya lebih memilih duduk di barisan depan. Maksudnya barisan depan kelas ekonomi loh ya, bukan kelas bisnis.

Alasannya:
supaya bisa cepat turun dari pesawat saat tiba di tujuan. Kalau duduknya di barisan belakang, turunnya lama. Harus menunggu barisan depan turun lebih dulu.

Saat ke Singapur, Desember 2018, kami sepakat memilih duduk di baris belakang. Saat itu, nenek ikut liburan bersama kami. Kalau nenek ingin ke toilet, mudah bagi saya mengantarnya ke toilet.

alt

Saat ke KL, kami memutuskan duduk di baris belakang. Alasannya sama, supaya dekat dengan toilet 🤭😆

Dengan durasi penerbangan lebih dari dua jam, ditambah keadaan di dalam kabin pesawat yang dingin, pasti saya bakal pingin ke toilet.

alt

Ternyata bukan hanya saya, penumpang lainnya banyak juga yang pingin ke toilet selama penerbangan.

Antreannya cukup panjang sampai ke baris ke empat dari belakang. Untung cuaca selama penerbangan cerah, tidak ada turbulensi. Jadi penumpang bisa antre ke toilet dengan tenang.

Tapi, bukan berarti baris belakang tidak ada minusnya. Ini hasil analisa ala saya:

Baris belakang:

  1. Bisa masuk ke pesawat lebih dulu
  2. Dekat dengan toilet. Kalau mau ke toilet, enggak perlu antre sambil berdiri. Cukup memerhatikan situasi. Begitu toilet kosong, tinggal cusss
  3. Dapet makanan lebih dulu
  4. Kalau ada keperluan, lebih cepat dilayani oleh mbak pramugari. Mbak pramugari ini ngumpulnya di bagian belakang dan depan.
  5. Harus menunggu antrean sebelum bisa keluar dari pesawat

Baris depan:

  1. lebih dulu turun dari pesawat
  2. Tidak terganggu suara berisik di dapur
  3. Tidak terganggu orang lalu lalang ke toilet

Jadi, pilih duduk di barisan depan atau belakang?

Ibu 2 anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Suka jalan-jalan, ngopi dan ngeteh. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments