Thoughts, stories and ideas.

Menikmati Kehadiran Sang Putri di Curug Putri

6th August 2015

Pernah mendengar kota Kuningan? Mungkin ada banyak yang akan menggelengkan kepala. Kuningan identik dengan nama daerah perkantoran di Jakarta Selatan. Kuningan yang dimaksud di sini adalah kota kabupaten yang berjarak +/- 35 km dari Cirebon dan memiliki beberapa obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Curug Putri.

Curug ini terletak di wanawisata Palutungan, desa Palutungan kecamatan Cigugur, Kuningan. Selain tempat wisata, tempat ini biasa digunakan sebagai lokasi bumi perkemahan. Dari Cirebon perlu waktu kira-kira 40 menit. Ambillah arah menuju Kuningan. Tepat setelah terminal bis lama Kuningan Cirendang, berbeloklah ke kanan menuju arah Cigugur. Jalur ini adalah jalur yang sama bila anda ingin ke Goa Maria. Ikuti jalan hingga tiba di pertigaan Cigugur. Pilih jalan yang sedikit menanjak yang akan menuju ke arah desa Palutungan. Jalan berkelak kelok, pemandangan hijau yang menyegarkan mata, kota Kuningan dan Majalengka di kejauhan dan laut jawa yang terlihat dari ketinggian. menyuguhkan sensasi tersendiri dan mengundang untuk sejenak menepikan kendaraan, sekedar menikmati panorama yang tersaji.

Perlu waktu kurang lebih setengah jam dari terminal bis lama Cirendang hingga anda memasuki area bumi perkemahan Palutungan yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Untuk menuju lokasi air terjun, dari tempat parkir, Anda harus menyusuri jalan setapak melewati hutan pinus +/- selama 10 menit. Di beberapa tempat yang jalannya menurun curam, sudah dilengkapi dengan pagar pengaman. Namun demikian, anda tetap harus berhati-hati karena kondisi jalannya cukup licin.

Sebenarnya selain Curug Putri, ada curug lainnya yaitu Curug Mangkok. Beberapa orang menyebutnya dengan nama curug Landung. Hanya saja karena lokasinya yang  agak masuk ke dalam dari akses jalan yang ada dan belum dilengkapi fasilitas pengaman yang memadai menuju lokasi, curug Landung ini belum sepopuler Curug Putri. Bagi Anda yang gemar trekking, tidak ada salahnya mengobati rasa penasaran Anda dengan mengunjungi Curug Mangkok/Landung yang lebih tinggi dan lebih alami.

Ketinggian Curug Putri sekitar 15 meter. Airnya jernih dan dingin. Menurut mitos, Anda yang mandi di air terjun ini akan enteng jodoh. Suasana di sekelilingnya hening dan sunyi. Hanya terdengar suara hempasan air dan gemerisik dedaunan. Sinar matahari tidak cukup menerangi, terhalang rimbunnya dedaunan. Sempatkanlah duduk menikmati suasana di sekitar Curug Ciputri dan rasakanlah betapa sejenak waktu terasa berhenti berputar.

Mengapa dinamakan Curug Putri? Karena penampakan curug ini mirip dengan putri yang sedang berdiri bersandar. Penampakan ini akan terlihat jelas bila anda mengambil foto dengan slow speed.

Puas menikmati kecantikan Sang Putri, anda bisa duduk-duduk di warung-warung yang ada di sekitar tempat parkir. Tersedia makanan dan minuman hangat juga jagung rebus dan jagung bakar. Sejenak menikmati alam pegunungan setelah berkutat dengan kesibukan, bukankah itu luar biasa?

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments