Thoughts, stories and ideas.

Kali Kedua Tidak Selalu Lebih Mudah

27th June 2015

Tanggal 11 Juni lalu, saya diminta mengisi acara ‘talkshow’ di BPK Penabur Gading Serpong. Walaupun ini adalah kali kedua saya mengisi acara serupa, bukan berarti saya tidak terserang demam panggung. Kali ini bahkan ditambah dengan perasaan minder.

Ada tiga sesi yang masing-masing akan diisi oleh saya, Bunda Ary Nilandari dan Mbak Yovita Siswati. Bayangkan, saya dibarengin dengan mereka yang jauh lebih dulu berkecimpung di dunia cerita anak… hiks….

Supaya murid-murid mendapatkan materi yang sama, Penerbit Kiddo menentukan isi materi yang akan kami sampaikan. Kami dimasukkan ke dalam grup agar mudah berinteraksi. Di dalam grup itu, saya banyak menimba ilmu dari Bunda Ary. Ia juga banyak memberi masukan dan membuka wawasan. Wah, saya senaaang sekali :)           

Ternyata oh ternyata… Murid-murid di BPK Gading Serpong ini jauh lebih pendiam dan lebih pasif dibandingkan dengan yang di BPK Modernland. Setelah dipancing dengan hadiah-hadiah kecil yang sudah saya siapkan, mereka baru terlihat sedikit aktif. Fiuhhh… benar-benar membuat saya keringatan di ruangan ber-AC. Untunglah saya ditunggui Mbak Dikha dari Kiddo dan putri sulung saya. Lumayan, saya jadi sedikit tenang.

Yang membuat saya kaget, walaupun terlihat pasif, ternyata mereka menyimak apa yang saya sampaikan. Mulai dari membuat tokoh dari gambar yang saya siapkan, membuat opening, konflik, twist sampai ending. Beberapa berhasil membuat twist. Tugas membuat cerita singkat bisa diselesaikan dengan baik. Saya dan Mbak Dikha sempat kesulitan menentukan tulisan terbaik. Senangnya….

Rencananya, kami berempat janjian ketemuan malam harinya di Sumarecon Mal Serpong. Sayang, Mbak Yovita batal hadir. Sambil menikmati hidangan, kami berbagi cerita tentang acara workshop, pengalaman lucu dan tentu saja… foto-foto! J Kalau saja keesokan harinya saya tidak harus mengambil rapor Si Bungsu, saya akan duduk di antara murid-murid kelas lima dan menyimak materi dari Bunda Ary… hiks….

Satu telah usai. Masih banyak yang harus saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan diri saya agar lebih baik lagi. Seperti yang dikatakan oleh teman saya yang seorang psikolog, it’s about flying clock alias semuanya itu dipengaruhi oleh jam terbang. Thanks to Penerbit Kiddo, Mbak Dikha, Bunda Ary dan Mbak Yovita. Semoga dunia cerita anak semakin hari semakin baik :)

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments