Thoughts, stories and ideas.

Dongeng Bobo - Pembuka Tahun 2017

25th January 2017

Setelah berabad-abad akhirnya nama saya muncul lagi di lembaran majalah Bobo. Majalah Bobo punya kesan mendalam bagi saya. Dulu, saya mengawali karir menulis (ceileh kariiiirrr...) dengan mengirimkan cerita ke majalah Bobo. Pertama kirim langsung dimuat. Setelah itu ada yang dimuat. Banyak juga yang ditolak heuheuheu... kemudian seiring berjalannya waktu, tak ada lagi yang muncul di Bobo. Pasti karena cerita-cerita penulis lain lebih cetar badai (mencari alasan). Makanya, ketika akhirnya muncul lagi di Majalah Bobo, saya senang sekali.

alt

Cerpen ini menjadi pembuka tahun 2017. Yaelah.... sudah tanggal 26 Januari kok baru pembukaan. Telat banget cuy!

Darimana datangnya ide cerpen ini? Yang pasti bukan dari mata turun ke hati heuheuheu...

Idenya dari film Zootopia. Di film itu ada tokoh Kukang yang serba lambat. Karakter Kukang dan bagaimana kukang sehari-hari saya masukkan ke dalam cerita. Kemudian saya tambahkan karakter lainnya yang sama-sama hewan nokturnal seperti tarsius dan luwak. Tambahkan kucing hutan sebagai tokoh antagonis. Konflik akan muncul dengan sendirinya (ceileh....)

Sederhana ya? Percayalah, proses menyusun ceritanya tidak sesederhana itu (kalimat yang sama sekali tidak menyemangati heuheuheu….)
Terus saya jadi mikir, berarti cerita-cerita yang saya kirim sebelum cerita ini ditolak?
Waduh....

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments