Thoughts, stories and ideas.

...dan Takoyaki Soulmate pun beredar...

3rd June 2013

Tanggal 20 Mei 2013, novel Takoyaki Soulmate resmi beredar. Beberapa toko buku langsung memajangnya. Beberapa lainnya memerlukan waktu sehari-dua hari untuk memajangnya.

Hari Rabu, 22 Mei 2013, saya sengaja datang ke Gramedia Teras Kota BSD hanya untuk melihat penampakan novel Takoyaki Soulmate. There it is! Warna cover-nya yang pinky sudah langsung terlihat begitu saya memasuki pintu. Perasaan saya? Galau! Hehehe..

Mungkin sebagian mengira, setelah novel terbit tinggal ongkang-ongkang kaki menunggu royalti. Memang betul. Lalu… Kenapa saya galau? Hmmm.. Di Gramedia itu ada sekian ratus judul buku. Ada sekian ratus novel. Lalu bagaimana caranya membuat pengunjung Gramedia mau sekedar menolehkan kepalanya ke novel saya sukur sukur membelinya?

Itu baru satu hal. Alasan lainnya adalah: saya ini penulis baru. Novel Takoyaki Soulmate adalah novel pertama saya yang diterbitkan oleh penerbit major. Sebenarnya ada beberapa naskah yang jauh lebih dulu masuk ke penerbit. Sudah tanda tangan kontrak pula. Entah kenapa, justru Takoyaki Soulmate yang lebih dulu meluncur keluar meninggalkan percertakan. Mungkin dia bosan terkurung di dalam percetakan, hehehe… Kesimpulannya: saya belum punya penggemar.

So.. pekerjaan besar menanti saya. Menurut saya, justru ini bagian tersulitnya. Bagaimana membuat novel saya terjual di pasaran. Apalagi saya merasa saya tidak pandai menjual. Saya juga tidak bisa bergantung kepada penerbit. Ada banyak hal yang harus mereka urus. Ada banyak judul buku yang mereka terbitkan. Ibarat kata, novel Takoyaki Soulmate hanya butiran debu. Tsaahhhh…

Demi supaya si Tako tidak malu-maluin dalam penjualan, saya mengerahkan semua kemampuan yang saya punya. Saya memanfaatkan semua sumber daya yang ada. Dari mulai berkicau di twitter, mengadakan kuis berhadiah novel gratis, update status di Facebook, merayu teman-teman supaya mau membeli, menjajaki kemungkinan mengadakan acara yang melibatkan si Tako. Pokoknya everything I do, I do it for you lah..

Sebuah kebahagiaan tersendiri saat saya membaca komentar-komentar dari mereka yang hanya saya kenal di dunia maya. Mereka yang tidak mengenal saya secara pribadi namun mau membeli novel saya, membacanya kemudian menyebarkan komentar mereka. Mereka yang mengenal saya secara ‘nyata’ malah seringnya merayu supaya dapat novel gratis dari saya. Huhuhu…

When you finally publish your book, just remember.. It’s not the end of the road. It’s just the beginning..

Judul : Takoyaki Soulmate
Penulis : Erlita P.
Penerbit : Grasindo, Mei 2013

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments