Thoughts, stories and ideas.

Berencana ke Sawarna? Ini tipsnya

23rd September 2017
  1. Kondisi jalan ke Sawarna, tidak semuanya mulus. Pertimbangkan kondisi dan kenyamanan kendaraan dengan jarak tempuh dan kondisi jalan.

  2. Cuaca di Sawarna cukup panas. Bagi yang berhijab, kenakan hijab yang nyaman dan menyerap keringat. Buang jauh-jauh keinginan memakai hijab yang diputer-puter dan dililit-lilit serta ditumpuk-tumpuk.
     

  3. Pantai-pantai di Sawarna berangin kencang. Bila ingin bergaya memakai topi lebar dan berfoto ala ala kekinian, jangan lupa pegangi topinya supaya tidak terbang.

  4. Kenakan pakaian nyaman dan bawa pakaian ganti yang cukup. Cuaca panas membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat.

  5. Jangan lupa bawa tabir surya dengan kandungan SPF tinggi. Saya sudah pakai pelembab dan tabir surya, sampai di rumah tetap saja wajah saya terlihat gosong, hiks hiks….

  6. Pakai alas kaki yang nyaman dan bisa dipakai basah-basahan di pantai. Kalau bisa, modelnya tertutup agar kaki tidak belang. Saya pakai sandal bertali, kaki saya jadi belang mengikuti bentuk tali sandal hiks hiks…

  7. Bagi yang membawa anak kecil, jangan lupa bawa cemilan dan mainan agar anak-anak anteng selama perjalanan dan selama berada di Sawarna.  

  8. Menurut mamang ojek, provider yang sinyalnya bagus adalah XL dan Axis. Tetapi di sekitar penginapan, sinyal telepon selular lebih sering tiarap. Justru di pinggir pantai sinyalnya lebih bagus. Mungkin di dalam laut ada tower.

  9. Sawarna ini cocok untuk mereka yang memang menyukai jalan-jalan karena butuh perjuangan untuk ke sana. Sama sekali tidak cocok untuk penyuka jalan-jalan kekinian yang full make up dan berorientasi instagram.

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments