Thoughts, stories and ideas.

Behind The Story "Shasa & Friends"

22nd December 2012

Pada tahun 2010, buku pertama saya terbit. Berisi kumpulan cerita anak-anak dengan tokoh utama Shasa. Nama yang saya ambil dari penggalan nama anak perempuan saya. Tokoh Shasa menjadi tokoh utama di hampir semua cerita anak-anak yang saya tulis. Kenapa memilih anak saya sendiri? Suka-suka saya dong.. haha..

Tokoh Shasa digambarkan sebagai anak perempuan dengan pipi chubby. Setiap kali sedang berfikir, ia akan memilin-milin rambutnya. Kalau sedang kesal, mulutnya cemberut. Pipinya akan semakin menggembung.

Kata orang, setiap penulis memerlukan model untuk tulisannya. Saya memilih anak saya sebagai modelnya. Lebih mudah bagi saya untuk menggambarkan reaksi Shasa ketika menghadapi sesuatu, cara bicara, ekspresi wajah. Saya tidak mau tokoh utamanya Shasa tapi gaya bicaranya dan pemilihan kata-katanya jadi berkesan Santo, haha.. Bagaimanapun gaya bicara dan pemilihan kata-kata anak perempuan itu berbeda dengan anak laki-laki. Rasanya sihsaya belum mencapai tahap dimana saya bisa ‘bermain’ tokoh lintas gender. Itu sebabnya saya memilih tokoh anak perempuan.

‘Shasa & Friends’ pertama kali dipasarkan secara online. Setelah itu baru masuk ke toko buku Gramedia. Karena jumlah cetaknya terbatas, buku ‘Shasa & Friends’ hanya ada di toko buku Gramedia tertentu. Sampai saya menulis artikel ini, saya belum pernah datang ke toko buku itu dan memotret buku saya yang nangkring di rak buku. Alasannya? Hmmm… Saya takut tidak seperti yang saya bayangkan, hehe..

Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa saya akan menerbitkan buku. Sekarang saya menunggu buku solo kedua saya diterbitkan. Katanya sih, awal tahun depan akan beredar. Judulnya? Nanti saya beritahu ya!

Dunia ini mempunyai jalan ceritanya sendiri. Terkadang kita hanya harus mengikuti alur ceritanya saja. Setuju?

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments