Thoughts, stories and ideas.

Akhir = Awal

4th December 2012

Berawal dari permintaan pertemanan kemudian berlanjut dengan obrolan tentang menulis, saya akhirnya ditanya dimana saya belajar ‘menulis’ . Setelah tahu saya belajar di Sekolah Menulis Online (sekarang writer’s academy), pertanyaan yang saya terima selanjutnya adalah apa indikator seorang siswa telah lulus pelajaran.

Saya kemudian menjelaskan bahwa di SMO tidak ada ujian untuk menentukan kelulusan. Belajar di SMO adalah belajar secara mandiri. Baca modulnya, kerjakan tugasnya, rajin bertanya, aktif berdiskusi. Bila tidak mengerjakan tugas jangan berharap akan ditagih. Periode kursus akan berakhir sesuai jadwal tidak peduli kita mengumpulkan tugas ataupun tidak sama sekali. Butuh disiplin memang. Toh, kalau kita rajin, kita yang mendapat manfaatnya.

Setelah kursus berakhir bukan berarti perjuangan untuk disiplin juga berakhir. Justru perjuangan sesungguhnya baru saja dimulai. Setelah menimba ilmu tentang menulis, langkah selanjutnya adalah disiplin meluangkan waktu untuk menulis dan mulai mempublikasikannya. Bekal menulis sudah ada. Jangan hanya berkhayal menjadi penulis tetapi tidak juga mulai menulis karena sejuta alasan.
“Tidak ada awal yang mudah” Namun percayalah, setelah mengayunkan langkah pertama, langkah kedua tidak seberat yang pertama. Tetaplah melangkah agar bisa sampai ke tujuan.
Seperti yang dikatakan Bang Jonru, rumus untuk jadi penulis hebat:
Rajin menulis, rajin membaca, pelajari ilmunya dengan tekun, berjuang tanpa kenal menyerah :)
Yuk, semangat!

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments