Thoughts, stories and ideas.

2016 - Tanpa Resolusi

2nd January 2016

Biasanya menjelang tahun baru, saya akan membuat list target yang ingin saya capai, apa saja yang akan saya kerjakan, cita-cita yang ingin saya wujudkan, apa saja yang ingin saya raih. Kalau kemudian menyambut tahun 2016 ini saya memutuskan tidak membuat resolusi apapun, bukan semata karena saya anti mainstream tetapi lebih karena saya menyadari apa yang akan saya hadapi selama 365 hari ke depan. Bukan sok tahu, saya hanya berkaca dari hari-hari selama setahun kemarin.

Sebagai orang yang sehari-hari bertanggung jawab terhadap urusan rumah tangga, ada banyak tugas yang harus saya kerjakan, mulai dari urusan antar jemput sekolah (yang tahun ini akan bertambah dengan antar jemput les) sampai urusan domestik yang seolah tidak ada habisnya.

Setahun kemarin saya membuat jadwal ketat kapan harus mengerjakan urusan domestik dan kapan harus menulis. Capeknya luar biasa. Ditambah lagi tiba-tiba ada banyak hal yang terjadi di luar kendali dan membuat jadwal saya berantakan.

Itu sebabnya tahun 2016 ini saya tidak membuat jadwal seperti itu lagi. Biarlah Dia Yang Maha Kuasa yang mengatur jadwal saya. Kalau memang Dia masih mengijinkan saya menulis, saya akan bisa menyelesaikan naskah dan menerbitkan buku. Kalau memang saya harus berjalan lambat seperti kura-kura, mungkin sampai di situlah peruntungan saya.

alt

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments