Thoughts, stories and ideas.

2016 - Sebuah Catatan

23rd December 2016

Desember 2015 lalu, saya tidak membuat rencana apapun untuk tahun 2016 terutama yang berkaitan dengan menulis. Masalahnya, selain anter jemput, ada jadual les, ditambah lagi si bungsu yang akan masuk SD -- artinya saya akan mencurahkan perhatian saya di sana. Kalaupun ada buku yang terbit di tahun 2016, itu adalah buku bawaan tahun sebelumnya. Artinya, sudah selesai proses editing, hanya tinggal menunggu terbit dan beredar.

Mencoba berdamai dengan keadaan bukan berarti saya menyerah begitu saja. Rasanya kurang greget kalau tidak ada perlawanan hehe.... saya tetap mencoba menulis. Sebagian besar tulisan itu saya buat di notes telepon genggam. Menulisnya di mana saja. Kadang sambil menemani si bungsu main, kadang di parkiran sekolah, kadang di pojokan gerai makanan cepat saji sambil menunggu kemacetan terurai, kadang juga di pojokan kedai kopi (kalau sedang ada dana hura-hura hehe).

alt

Di luar dugaan, dengan cara ini ternyata saya bisa menulis artikel jalan-jalan untuk web www.rumahjamurkurcaci.com secara teratur, sesekali membuat cerita pendek, minimal sebulan sekai mengetik artikel untuk blog saya ini. Artikel gado-gado femina juga saya buat di notes telepon genggam sebelum diedit di komputer jinjing. Yang membuat saya gembira, artikel ini dimuat di Majalah Femina yang beredar tanggal 22 Desember 2016. Sungguh, itu adalah hadiah peringatan hari Ibu yang indah dan penutup tahun 2016 yang manis.

alt

Tentu tidak semua naskah bisa saya ketik di notes. Untuk naskah komik dan naskah buku nonfiksi, suka tidak suka saya harus mengerjakan ya di komputer jinjing. Untuk naskah komik, pengerjaannya di lembar excell. Sedangkan untuk naskah nonfiksi, saya butuh banyak referensi dari internet.

Ketika akhirnya saya tiba di penghujung tahun 2016, total ada 6 buku saya yang terbit dan beredar. Satu buku antologi, satu komik, satu novel anak misteri, 1 buku nonfiksi duet dan 2 buku nonfiksi solo. Sebenarnya ada satu buku lagi, tapi buku ini adalah proyek kemendikbud. Sulit dipantau prosesnya hehe....

alt

Alhamdulillah... saya hanya bisa mengucap syukur bahwa tahun ini saya masih bisa berkarya. Tak perlu orang tahu terkadang saya mengetik sambil mengusap airmata *eh, sekarang malah jadi tahu dong ya... hehe....
Bagi emak rempong macam saya, sulit memiliki waktu eksklusif untuk menulis. Namun bukan berarti tidak ada waktu sama sekali untuk menulis. Sometimes, all you have to do just push your limit *gaya banget deh saya hihihi....

Satu lagi, saya juga (ternyata) masih sempat belajar moto. Sebenarnya fotografi bukan hal baru bagi saya (tentang hal ini akan saya buat postingan tersendiri). Dengan perkembangan digital yang luar biasa, dan dengan bentuk kamera yang jauh berbeda, saya harus belajar dari awal lagi. Walaupun tergagap-gagap, saya senang bisa belajar hal baru. It makes my life so colorful *tsaaahhh....

alt

Cita-cita saya untuk tahun 2017 sederhana. Saya ingin bisa rutin olahraga seminggu 5x. Eh, kebanyakan ya? Hmmm... 3x aja deh, hehe... Mudah-mudahan Allah berkenan memudahkannya bagi saya.

Selamat menikmati liburan bersama orang-orang terkasih. Saatnya mengisi ulang daya agar siap berkarya lebih baik lagi.

BSD 23 Desember 2016

Ibu dua orang anak yang tidak bercita-cita menjadi penulis. Hobi membaca dan mengoleksi buku sejak kecil. Kini mendapati dirinya terjerat di antara dua puluh enam abjad.

View Comments